Rabu, 26 Desember 2012

Pikiran Rakyat Online: "GILIRAN WAYANG TAVIP CIPTAKAN TAWA" - RETNO HY/"PRLM" - Selasa, 18 Desember 2012


RETNO HY/"PRLM"
Gelar Wayang Tavip di Lapangan Gasibu Bandung

BANDUNG, (PRLM).- Memasuki malam kedua, Senin (18/12/12), gelaran HelarWayang 2012 bertempat di Lapangan Gasibu Bandung giliran dalang wayang Muhammad Tavip (47) mengundang gelak tawa. Cerita aktual seputar kondisi yang tengah terjadi dimasyarakat pada umumnya menjadi alur cerita menarik untuk dinikmati.

Seluruh tokoh wayang yang terbuat dari plastik dan dimainkan hampir mirip dengan wayang kulit dan mendapat sentuhan teknologi dan menggunakan pencahayaan layaknya pembuatan film.
Penonton yang duduk menghadap layar berteman minuman hangat disuguhi cerita tentang sepak terjang hakim yang melakukan praktek jual beli keadilan, pemimpin yang korupsi, hingga ulah para bakal calon (balon) pemimpin daerah yang hendak manggung.

Peristiwa cukup mengundang tawa terjadi saat seorang biduanita dengan pakaian serba ketat menyanyikan lagu "Oncom Garing" milik Bungsu Bandung. Gerakan dan gaya panggung didukung suata yang sangat sensual membuat geger undangan pertemuan balon pemimpin daerah.

Sementara itu tokoh-tokoh pada wayang Tavip tidak seperti wayang lainnya yang menggambarkan tokoh-tokoh Mahabarata atau Ramayana, namun gambarnya disesuaikan dengan tokoh-tokoh abstrak, kartun dan juga bisa tokoh yang dikehendaki oleh penonton.

Wayang yang muncul dari ide kreasi Muhammad Tavip pada 2003 sudah manggung di sejumlah negara seperti di Yunani, Spanyol, Korea bahkan di Vietnam mendapat penghargaan sebagai kreasi seni orisinal.
“Karenanya yang menyaksikan pada malam (Senin, 18/12) ini sangat beruntung sekali,” ujar Dadan Anggar, salah seorang penonton. (A-87/A-88)***

1 komentar:

  1. Wayang yang muncul dari ide kreasi Muhammad Tavip pada 2003 sudah manggung di sejumlah negara seperti di Yunani, Spanyol, Korea bahkan di Vietnam mendapat penghargaan sebagai kreasi seni orisinal.

    BalasHapus